Sebagaimana kita ketahui keberadaan lampu penerangan di jalanan sangatlah dibutuhkan, karena tanpa lampu penerangan, jalanan akan menjadi rawan kecelakaan terlebih di tikungan-tikungan tajam, selain itu keberadaan lampu-lampu jalan mampu mengurangi keangkeran jalan dan mengurangi tindakan kriminal yang terjadi. Namun demikian penggunaan lampu jalan ini sangatlah banyak menghabiskan biaya apabila memanfaatkan aliran listrik dari PLN. Mengingat titik pemasangannya bukan di satu atau dua titik saja. Namun lampu penerangan jalan harus dipasang berjejer disepanjang jalan. Baik itu di jalan-jalan utama perkotaan, di jalan perumahan, di area parkir, dan di berbagai kawasan lainnya.

Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya menyerukan agar masyarakat hemat listrik, hal ini dikarenakan minyak sebagai sumber listrik kian mahal dan pastinya tagihan listrikpun menjadi semakin mencekik. Untuk itu dibutuhkan suatu terobosan baru sebagai upaya penghematan listrik namun tidak dengan cara memadamkan listrik di jalanan.

Solusi tepat dari permasalahan tersebut adalah dengan pemanfaatan lampu jalan yang berbasis dari energi solar cell, selain mudah didapatkan pada sekarang ini, harga jual solar cell juga dapat dikatakan tergolong murah. Lampu penerangan jalan umum tenaga surya atau disebut juga pju tenaga surya adalah jenis lampu yang dapat menyala tanpa adanya aliran listrik. Karena sumber energi utama untuk menghidupkan lampu bukanlan aliran listrik dari PLN melainkan listrik yang diperoleh dari cahaya matahari.

Sistem Kerja Lampu Tenaga Surya

Sebuah lampu yang bertenaga surya bisasanya terdiri komponen lampu LED, panel surya, dan juga baterai. Paket pju tenaga surya di rangkai  sedemikian rupa hingga menjadi sebuah lampu jalanan yang dapat menyala secara otomatis pada saat malam hari. Sistem kerja dari lampu tenaga surya adalah pada siang hari panel surya akan energi matahari yang kemudian diubah menjadi energi listrik dan disimpan di dalam baterai penyimpanan, kemudian energi tersebut akan disalurkan ke lampu yang menjadikan lampu menyala dengan sendirinya saat kondisi gelap dan pada saat pagi hari lampu tersebut akan padam dengan sendirinya.

Manfaat Penggunaan Lampu Tenaga Surya

Ada banyak alasan yang membuat kita harus beralih ke lampu bertenaga surya, diantaranya:

  1. Tagihan listrik PLN semakin tinggi
  2. Tidak semua kawasan dapat dijangkau oleh aliran listrik PLN
  3. Penggunaan lampu tenaga surya tidak merusak lingkungan
  4. Tidak tergantung dari persediaan sentral kelistrikan Nasional, sehingga apabila PLN melakukan pemadaman listrik itu tidak akan berpengaruh bagi lampu bertenaga surya.
  5. Biaya perawatan lampu tenaga surya lebih murah dan proses instalasinya juga sangat mudah.

Itulah beberapa alasan yang dapat mejadi pertimbangan anda untuk mulai beralih dari penggunaan listrik PLN menuju pemanfaatan lampu bertenaga surya. Harga untuk lampu bertenaga surya sangatlah terjangkau dan biasanya disesuaikan dengan watt yang dihasilkan serta desain dari lampu tersebut.