Tamu udangan pernikahan haruslah ditentukan, namun dalam menentukannya tidaklah mudah sebab harus dipertimbangkan dengan matang. Sebab jangan sampai hanya sebagian teman saja yang diundang namun teman lain tidak diundangan yang menyebabkan permusuhan. Serta tamu udangan menentukan seberapa banyak makanan yang akan disediakan, sehingga membuat makanan yang disediakan tercukupi dengan jumlah tamu. Karena semakin banyak tamu yang diundang maka semakin banyak budget yang dikeluarkan, karena harus menambah jumlah undangan yang dicetak. Apalagi untuk pernikahan banyak hal yang harus diurus mulai dari pelaminan hingga kostum. Karena itu pilihlah tamu yang akan diundang dengan diseleksi. Cetak undangan anda lebih dari jumlah tamu undangan anda. karena biaya cetak ulang undangan dalam jumlah kecil lebih mahal dari pertama anda cetak dalam jumlah agak besar.

  1. Sahabat

Jangan melupakan sahabat saat pernikahan, karena sahabat adalah orang yang menemani saat suka maupun duka. Karena itu jadikanlah sahabat dalam bagian hari pernikahan, apalagi sahabat dapat dijadikan sebagai bridesmaid yang semakin memeriahkan suasana acara pernikahan. Jangan sampai mereka yang sebatas teman di media sosial juga diundang, intinya tanyakan pada diri sendiri apakah teman yang akan diundangan cukup dekat dan berhubungan langsung sehingga begitu mengenal kamu. Ada baiknya mengundang seluruh sahabat agar tidak terjadi pertengkaran akibat tidak diundangan pada pesta penikahan. Karena mereka yang berteman sebatas pada sosial media belum tentu teman sesungguhnya atau tidak semua dikenal dengan dekat. Ada baiknya kamu mengundang teman yang pernah bertemu langsung atau yang mengenal sedikit tentang kamu. Acara pernikahan dapat dijadikan ajang tampil kompak bersama teman dengan menggunakan baju seragam.

2.Keluarga

Keluarga merupakan hal utama yang harus diundangan sebab keluarga adalah saksi perjalanan hidup sejak dimulai dari bayi. Namun keluarga memiliki cabang apalagi jika memiliki keluarga besar. Karena itu utamakan keluarga inti yang sering sering berhubungan atau kenal dengan kamu. Untuk keluarga yang tidak dekat seperti sepupu dari sepupu kamu, ada baiknya tidak diperioritaskan untuk menjadi tamu. Karena itu lebih baik melakukan diskusi kepada ibu dan ayah yang lebih mengenal saudara yang lain sebab belum tentu kamu pernah bertemu dengan semua saudara apalagi jika terdapat saudara di kampung. Atau mempertimbangkan kedekatan kelurga dibandingkan dengan hubungan darah.

  1. Rekan kerja

Rekan kerja yang diundang tidak perlu seluruh pegawai kantor yang bekerja pada gedung yang sama. Ada baiknya untuk mengundang tim kerja saja, jika semua diundang maka banyak sekali makanan yang harus dipersiapkan. Namun tidak lupa pula mengundang atasan sebagai bentuk hormat. Atau agar menghemat undangan ada baiknya menyebarkan undangan secara online lewat grup chat apakah itu untuk teman kantor atau teman saat sekolah dahulu agar dana untuk undangan dapat dialihkan ke dana makanan. Dan inilah tips dalam menentukan tamu undangan pernikahan.