Instalasi genset – pernahkah anda mendengar istilah genset? Pasti yang terlintas pertama sekali di dalam benak anda ialah mati lampu. Ya, memang benar instalasi genset merupakan sebuah solusi yang digunakan untuk menggantikan dan menyediakan persediaan listrik secara mandiri apabila terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Dulunya, genset ditemukan oleh 2 penemu terkenal. Keduanya sama-sama mematenkan mesin genset di tahun yang berbeda, yaitu Michael Faraday dengan temuan ‘Generator Cakram Faraday’ dan Rudolph Diesel dengan temuan ‘Generator Diesel’. Keduanya merancang induksi elektromagnetik sehingga menjadi sumber penghasil energi listrik yang disimpan dalam sebuah generator set (genset). Saat itu, pemerintah dan masyarakat menyadari benar betapa banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan instalasi genset tersebut. Sehingga muncul keinginan untuk mengembangkan dan memproduksi genset secara massal.
Saat ini, instalasi genset semakin banyak dan luas. Baik perusahaan-perusahaan, lembaga otoritas negara, lembaga-lembaga keuangan, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga individu pun berhak menggunakan genset untuk memudahkan segala kegiatannya. Bagi anda yang ingin menggunakan genset, terdapat beberapa hal yang harus anda lakukan guna merawat mesin genset agar tidak rusak ataupun mengalami sengatan. Ingat, genset merupakan alat penghasil sumber listrik yang harus dijaga dan disimpan dengan hati-hati. Berikut ini beberapa cara merawat genset agar terhindar dari segala risiko yang membahayakan nyawa.
Perawatan Genset Yang Tepat
• Mengganti Spare part yang telah aus. Pertama ialah dengan mengganti bagian yang aus pada genset yang sekiranya telah tidak mampu beroperasi dengan baik lagi.
• Meletakkan genset di tempat yang kering, instalasi genset di tempat sembarangan akan membuat genset yang menjadi cepat rusak bahkan juga bisa menimbulkan sengatan listrik yang lebih berbahaya.
• Memastikan ada sirkulasi udara yang baik pada genset, instalasi genset biasanya diposisikan dan dioperasikan di dalam sebuah ruangan. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu merawat dan menjaga ruangan penyimpan genset, salah satunya dengan cara memastikan sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga gas sisa pembakaran genset di dalam knalpot bisa dibuang dan tidak membahayakan para penggunanya.